rekomendasi skincare untuk remaja
ciri ciri orang toxic

Semua Hal Dibilang Toxic, Jangan-Jangan Kamu Nih yang Toxic?

“Toxic banget sih tuh orang?” atau “gw ga bisa nih lama-lama di lingkungan yang toxic kayak gini,”, sering ga sih kamu mengatakan hal tersebut? Jika iya mungkin saja nih bukan orang di sekitarmu atau lingkungan yang toxic, tapi ternyata dirimu yang toxic. 


Melansir dari CNN Indonesia, menurut psikolog klinis Kasandra Putranto toxic merupakan segala hal yang mempengaruhi diri secara negatif sehingga dapat merusakan kesehatan mental dan fisik, hingga meningkatkan stres dan kecemasan, serta menurunkan produktivitas dan semangat hidup seseorang. 


Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang menjadi toxic. dr.  Kristen Fuller, dokter kesehatan mental dari California menjelaskan, masa lalu seseorang bisa membuat dirinya menjadi toxic, misalnya saja pola asuh yang buruk, tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tua, atau mengalami intimidasi di sekolah. 


Namun uniknya, Kasandra menjelaskan jika setiap orang punya labeling tersendiri tentang toxic.


“Misal saja jika seseorang memberikan sebuah nasihat yang tegas kepada seseorang, maka itu tidak bisa disebut dengan toxic walaupun kita sejutu atau tidak setuju. Jika tidak setuju pun, kita cukup berterima kasih, dan tidak terlalu memikirkannya,” ujar Kasandra. 


Tak hanya itu saja, Kasandra menambahkan, toxic juga bisa datang dari pemikiran diri sendiri dan tidak memahami gejala dan makna toxic yang sebenarnya. 


Maka itulah sangat perlu bagi kamu girls untuk memahami apa itu toxic yang sebenarnya. Apalagi jika sifat toxic tersebut ternyata tidak datang dari orang lain melainkan dari diri kamu sendiri.

Ciri-ciri orang Toxic

Menurut Kasandra seseorang bisa dianggap toxic jika memiliki sifat seperti: 

  • Memperlakukan orang lain secara kasar, baik secara fisik atau perkataan 
  • Sering memanipulasi orang lain 
  • Sering mengeksploitasi dan memanfaatkan orang lain demi kepentingannya sendiri 
  • Tidak pernah setuju dengan orang lain dan menganggap pemikirannya selalu benar 
  • Sering mencoba mengintimidasi dan mengendalikan orang lain 
  • Seseorang yang selalu negatif, egois, dominan, dan pintar menyembunyikan sifat aslinya 

Mengatasi toxic di dalam dirimu

Lantas jika ternyata benar dirimu adalah seseorang yang toxic, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? 

  • Beralih dari menyalahkan orang lain menjadi memahami orang lain 
  • Introspeksi diri setiap hari terhadap hal yang telah kamu lakukan 
  • Meminta pendapat keluarga, sahabat, atau pasangan 
  • Belajar menerima kritikan dan keluh kesah orang lain sehingga kamu mempunyai empati 
  • Alihkan pikiran negatif dengan mengatakan hal yang positif, seperti memuji dan membantu orang lain 

Namun girl jika hal-hal di atas masih belum bisa mengatasi sifat toxic yang kamu miliki, ada baiknya untuk mengunjungi psikolog untuk berkonsultasi dan mengatasi masalah yang kamu alami. 


Selamat mencoba, dan jangan pernah putus asa untuk menjadi pribadi yang lebih baik, yah, girls! 


LATEST ARTICLE
Personal Color Pengertian, Manfaat, Hingga Menentukan Warna yang Tepat
by eversince-id-id
FOMO

Personal Color: Pengertian, Manfaat, Hingga Menentukan Warna yang Tepat

Girls, sekarang ini banyak cara yang bisa dilakukan agar penampilan kamu sehari-hari terlihat maksimal. Dari beragam cara yang ada, “personal color” jadi metode terbaru yang kini tengah populer di Korea Selatan. Lantas apa itu personal color dan bagaimana hal tersebut dapat membuat penampilan kita terlihat makin menawan? Menurut situs New Mexico State University, personal color adalah cara yang dilakukan untuk memberikan kita petunjuk warna-warna apa saja yang cocok kita gunakan, baik saat menggunakan make up atau pakaian. Personal color ini sendiri ditentukan dari tiga hal, pertama, warna kulit; kedua, warna mata; dan ketiga, warna rambut. Dari perpaduan ini akan ditentukan warna mana saja yang cocok kita gunakan dan membuat kita terlihat makin menarik. Itu karena dengan menggunakan warna yang tepat dapat membuat kulit kita terlihat lebih cerah, menonjolkan warna rambut dan mata kita. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengetahui personal color kita?Pertama, temukan terlebih dahulu warna undertone kulit kita. Yang dimaksud dengan undertone kulit adalah rona yang terletak di bawah permukaan kulit kita. Untuk menentukannya, lihatlah warna pembuluh darah yang ada di bagian dalam pergelangan tangan. Jika dominan warna biru maka kamu memiliki cool undertone, namun jika dominan warna hijau, maka kamu memiliki warm undertone.  Selain itu menentukan warna undertone-mu juga bisa ditentukan dari warna lipstik dan atasan yang kamu gunakan. Jika kamu cocok menggunakan lipstick berwarna peach-orange itu artinya kamu memiliki warm undertone. Namun jika lipstick berwarna pink yang lebih cocok, artinya kamu memiliki cool undertone.  Begitu juga saat mengenakan atasan. Jika atasan berwarna ivory/beige lebih cocok, kamu memiliki warm undertone. Namun jika atasan berwarna putih yang lebih cocok, artinya kamu memiliki cool undertone. Jika sudah mengetahui jenis warna kulit yang kamu miliki, selanjutnya tinggal menentukan season color group untukmu. Hal ini ditentukan lewat warna asli rambut dan matamu. Jika warna rambut dan matamu light dan termasuk warm undertone berarti season color group kamu adalah warm spring. Sedangkan jika warna rambut dan matamu dark, kamu termasuk dalam warm autumn. Hal yang sama juga berlaku pada cool undertone. Jika kamu memiliki warna rambut dan mata light kamu termasuk ke dalam cool summer, sedangkan jika berwarna dark, kamu termasuk ke dalam cool winter. Perhatikan baik-baik penentukan season color group di atas dan jangan sampai keliru, yah! Selanjutnya kamu tinggal menentukan warna apa saja yang cocok untukmu, nih! Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi profesional yang ahli dibidang personal color. Namun jika hal ini tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan “kipas warna” dan dekatkanlah dengan wajah kamu. Sembari berada di depan cermin, kamu bisa menemukan warna-warna yang tepat. Makin impact

6 Camilan Sehat Buat Kamu yang Lagi Bad Mood
by eversince-id-id
FOMO

6 Camilan Sehat Buat Kamu yang Lagi Bad Mood

Hah! Dari yang tadinya marah-marah, temanku Caca tiba-tiba jadi happy kembali! Bukan karena kabar baik, tapi mood Caca jadi baik kembali karena makan camilan! Eits... kisah di atas bukan sekadar fiksi semata, lho! Nyatanya camilan memang bisa membuat mood jadi lebih baik! Bahkan hal ini sudah terbukti secara ilmiah, lho! Tapi perlu diingat yah girls, jangan sampai camilan yang niat awalnyanya bikin mood kamu jadi lebih baik, malah berubah jadi emotional eating yang bisa membahayakan! Untuk mengakalinya, pilih-pilih camilan yang ingin kamu konsumsi, dan yang terpenting pilihlah camilan sehat. Berikut rekomendasi dari kami:

5 Profil Selebritas Muda Indonesia, Calon Bintang Masa Depan
by eversince-id-id
FOMO

5 Profil Selebritas Muda Indonesia, Calon Bintang Masa Depan

Hampir setiap saat selebritas muda sukses memulai langkah mereka di dunia showbiz Indonesia. Namun di antara banyak talenta yang hadir setiap waktunya, lima selebritas muda Indonesia ini bisa jadi bakal calon bintang besar di masa depan. Lima nama di bawah ini mungkin sebagian sudah terdengar familiar, namun tak menutup kemungkinan baru pertama kali kalian kenal! Lantas siapa saja mereka? Berikut 5 profil selebritas muda Indonesia saat ini.